Header Ads

Cara Mudah Membuat Antena TV Sederhana Sinyal Kuat

Gagalenyilih - Untuk membuat sebuah antena TV sebenarnya sangatlah mudah. Hanya dengan memanfaatkan beberapa bahan bekas yang tak terpakai sekalipun kalian sudah bisa membuat sebuah antena TV yang memancarkan sinyal yang kuat. Dijamin kualitas gambar yang muncul di TV akan lebih baik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membeli sebuah antena ber-merk.

Beberapa orang mungkin mengira bahwa tujuan untuk membuat antena sendiri adalah karena alasan ekonomis saja. Tapi, perlu diingat dan ditekankan dalam-dalam di benak kalian bahwa membuat sebuah antena TV sendiri akan menimbukan rasa kebanggaan yang luar biasa apalagi jika antena yang kita buat sendiri ini bekerja dengan baik atau bahkan lebih powerfull daripada antena yang dijual di toko-toko.

Prinsip kerja dari antena dipole dan sebuah reflektor saya gunakan dalam tutorial membuat antena tv sederhana yang akan saya jelaskan ini. Saya hanaya membutuhkan beberapa plat yang berbahan dasar alumunium yang relatif mudah didapatkan dan mudah dilakukan oleh kalian yang tidak terlalu paham tentang rangkaian elektronika untuk membuat sebuah antena TV.


Keuntungan yang didapat

  1. Biaya murah bahkan gratis.
  2. Ukuran Antena TV bisa kita atur sesuka hati sesuai dengan kebutuhan.
  3. Mendapatkan kepuasan diri karena berhasil membuat antena TV dengan kemampuan sendiri.


Cara membuat Antena TV Sederhana

Sebelum masuk ke tahap tentang cara pembuatan, alangkah baiknya kamu menyiapkan alat dan bahan yang saya tulis berikut ini. Saya beri waktu untuk 5 menit untuk kalian mendapatkan alat dan bahan. Jika kalian tidak bisa mendapatkan alat dan bahan yang saya tulis berikut ini, kalian harus traktir saya segelas kopi dan sebungkus rokok Djarum super Mild... wkwkkw bercanda.

Alat dan Bahan :
  1. Plat Alumunium atau bisa juga Plat Nisplang secukupnya (saya sarankan 1 meter persegi).
  2. Kabel Coaxial 75 Ohm + Konektor (1 buah).
  3. Baut atau Paku secukupnya.
  4. Tang.
  5. Obeng.
  6. Palu.
  7. Balok kayu 1 buah (panjang sesuaikan dengan yang kamu inginkan).
Note :
Dilarang mengambil alat dan bahan milik orang lain karena itu adalah perbuatan yang dibenci oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Langakah-langkah :

  1. Potong plat sesuai dengan gambar dibawah ini. 
    Antena TV bagian 1
    Potong sesuai ukuran
  2. Hubungkan kabel Coaxial dengan kedua plat yang bentuknya sama seperti pada gambar dibawah ini.
    Antena TV sinyal kuat 2
    Kabel Coaxial
  3. Jangan lupa juga untuk menghubungkan plat yang berbentuk persegi. Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini. 
    Antena TV Hasil akhir
    Hasil akhir

Perlu kalian ingat dan perhatikan dalam pemasangan tiap-tiap bagian, kamu harus memastikan bahwa tiap-tiap bagian antena tv harus terpasang dengan benar. Jangan sampai ada baut yang kendor sehingga akan mempengaruhi kinerja dari antena TV yang kamu buat.

Kedua, jika kalian menggunakan Booster sebagai komponen tambahn, letakkanlah Antena tersebut sedekat mungkin dengan Booster untuk mengurangi biaya tambahan. Jika antena TV yang kamu buat dipasang diluar ruangan atau rumah, letakkan juga Booster dekat dengan Antena TV.

Oke mungkin cukup sampai disini saja penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!

Diberdayakan oleh Blogger.