Belajar Arduino - Konstanta Bilangan dan Variabel

Desember 05, 2017
Gagalenyillih - Selanjutnya, untuk bisa memahami pemograman Arduino, kamu harus mengerti tentang konstanta Bilangan dan Variabel. Disini saya akan menjelaskan kedalam beberapa bagian yakni :
  • Konstanta bilangan bulat.
  • Konstanta bilangan real.
  • Variabel konstan.
  • Lingkup Variabel.
  • Aturan penamaan Variabel.

Baca juga : Belajar Arduino Untuk Pemula hingga Mahir.

Belajar Arduino - Konstanta Bilangan dan Variabel

Konstanta Bilangan Bulat

Konstanta seperti 123 adalah konstanta bilangan bulat. Basis bilangan yang digunakan adalah 10. Namun, selain basis 10, penulisan konstanta bilangan bulat dimungkinkan disajikan dengan basis bilangan 2 (biner), 8 (oktal) dan 16 (heksadesimal). Berikut ini adalah pedoman penulisan konstanta bilangan bulat untuk selain yang berbasis 10.
  • Konstanta bilangan bulat berbasis 2 diawali dengan huruf B dan diikuti dengan maksimal 8 digit biner. (0 atau 1). Contoh : B11 identik dengan 4 dalam sistem desimal.
  • Konstanta bilangan bulat berbasis 8 diawali dengan angka nol dan diikuti dengan digit-digit oktal (angka 0 sampai 7). Contoh : 010 identik dengan 8.
  • Konstanta bilangan bulat berbais 16 diawali dengan 0x (anka 0 dan huruf x kecil) dan diikuti dengan maksimal digit-digit heksadesimal (angka 0 sampai dengan 9, huruf A,B,C,D,E dan F). Huruf kecil atau huruf kapital bisa digunakan dan maknanya sama. Contoh : 0xFF identik dengan 255.

Konstanta Bilangan Real

Pada konstanta bilangan pecahan (real), tanda pecahan yang digunakan berupa titik. Contoh : konstanta 2.5 berarti 2,5 (dua setengah). Notasi E atau e bisa digunakan untuk menyatakan tanda eksponen (pangkat). Contoh : 1.2E3 atau 1.2e+3 berarti 1,2 x 103


Variabel Konstan

Variabel konstan adalah variabel yang "hanya bisa dibaca". Deklarasi dilakukan dengan menambahkan kata-kunci const di depan data. Contoh :
const int PIN12 = 12;

Dengan cara seperti itu, variabel PIN12 diisi dengan 12 tetapi setelah itu tidak bisa diubah. Karena sifatnya yang demikian, variabel konstan sering disebut sebagai konstanta. Perlu diketahui, nama variabel konstan biasa ditulis dengan huruf kapital walaupun hal tersebut bukanlah keharusan.

Lingkup Variabel

Variabel di Arduino dapat dibedakan menjadi variabel global dan variabel lokal. Perbedaannya sebagai beriktu ini :
  • Variabel global adalah variabel yang dideklarasikan di luar fungsi. Variabel ini bisa diakses  oleh fungsi mana saja.
  • Variabel lokal adalah variabel yang didklarasikan di dalam suatu fungsi. Variabel tersebut hanya dikenal di fungsi tempat variabel dideklarasikan. Variabel lokal terutama digunakan untuk kepentingan pengulangan (misalnya digunakan sebagai variabel di perintah for).

Aturan Penamaan Variabel

Aturan yang berlaku untuk penamaan variabel sebenarnya berlaku untuk pengenal atau nama yang digunakan dalam sketch (misalnya untuk memberi nama fungsi atau konstanta). Aturannya sebagai berikut :
  • Harus diawali dengan huruf atau simbol garis bawah ( _ ).
  • Sisanya dapat berupa huruf, angka, atau simbol garis bawah ( _ ).
  • Huruf kecil dan kapital dibedakan.
  • Tidak boleh menggunkaan kata tercadang atau kata kunci, seperti  for atau  while.
Kata tercadang (reserved word) atau kadang disebut kata kunci (keyword) aalah kata-kata yang diperuntukkan secara khusus oleh bahasa pemograman dan tidak boleh digunakan sebagai pengenal (nama).
Secara khusus, nama variabel menggunakan notawsi punuk unta umum dipakai. Artinya, jika suatu variabel memiliki nama yang mengandung lebih dari satu kata, awal setiap kata selain kata pertama ditulis dengan huruf kapital. Tiga contoh penamaan variabel berdasarkan kriteria tersebut dapat dilihat dibawah ini.
'statusLED
nilaiTeganganResistor

Selanjutnya : Ekspresi, Operand dan Operator

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!