Cara Convert Program PLC Mitsubishi Gx Works ke Gx Developers

Mei 30, 2017
Halo sobat sesama programmer.

Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian semua tentang cara convert (mengubah) program PLC Mitsubishi yang formatnya GX Works menjadi format GX Developers. Pada beberapa kasus yang pernah saya alami, alasan saya untuk mengubah format program PLC dari GX Works ke GX Developers adalah karena tampilan GX Works yang kurang familiar dengan saya yang sering menggunakan GX Developers. Atau juga di beberapa kasus yang dialami oleh rekan-rekan saya karena mereka tidak bisa menghubungkan komputer ke PLC karena menggunakan GX Works, tapi saat dicoba menggunakan GX Developers bisa terhubung. Saya sendiri tahu penyebab mengapa GX Works tidak bisa terhubung dengan PLC, yaitu karena konfigurasi komunikasinya yang belum diatur atau pengaturannya yang belum tepat. Tapi rekan-rekan sesama programmer lebih memilih mengconvert (mengubah) format programnya saja karena dirasa lebih cepat daripada harus mencari settingan konfigurasi komunikasinya.

Nah, mungkin saja dari kalian masih ada yang belum tahu cara mengconverti format program GX Works ke format program GX Developers. Maka dari itu saya akan menjelaskan kepada kalian tentang cara mengconvert program PLC Mitsubishi format GX Works ke format GX Developers.

Ikutilah langkah-langkah dibawah ini :

  1. Jika kalian sedang berada dengan PLC yang berisi program yang akan kamu convert, sebaiknya kamu langsung saja buka aplikasi GX Developers kemudian unduh (Download) programnya langusng dari PLC.
  2. Tapi jika kamu sedang tidak dengan PLC, ikutilah langkah berikutnya yang akan saya jelaskan.
  3. Buka aplikasi GX Works.
  4. Buka Project Program PLC yang akan kamu convert.
  5. Jika ladder sudah terlihat seperti pada gambar dibawah ini, silahkan klik Project
    Gx Wokrs PLC Mitubishi
    Gx Works
  6. Kemudian klik Export to GX Developers format
    Gx Works PLC Mitsubishi
    Gx Works
  7. Kemudian pilih folder komputer mana yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file program yang berformat Gx Developers.
  8. Jika muncul pop up pemberitahuan seperti pada gambar dibawah ini. Klik saja Yes
    Pop Up Gx works PLC Mitsubishi
    Pop Up Gx Works
  9. Selesai.
Mungkin cukup penjelasan dari saya tentang cara convert (export) program PLC Mitsubishi Gx Works ke Gx Developers. Jika ada yang dirasa kurang dan tidak dimengerti, silahkan tulis komentar kalian dibawah ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!