Cara Koneksi PLC Allen Bradley Dengan Micrologix 1500 Menggunakan RS-232 (DF1)

Mei 29, 2017
Sebelum kamu memulai untuk menghubungkan PLC Allen Bradley dengan komputer, kamu membutuhkan 2 (dua) macam software. Lebih tepatnya, jika kamu adalah seoarang programmer PLC SLC atau Micrologix, kamu membutuhkan sebuah paket alat komunikasi yang dinamakan dengan sebutan RS Linx dan RS Logix 500. Maka dari itu, tutorial ini akan menjelaskan secara lengkap tentang cara koneksi Micrologix 1500 yang secara kongigurasinya sebagai DF1.

Standarnya, konfigurasi komunikasi yang digunakan oleh Micrologix 1500 adalah DF1 atau RS-232. Dalam hal ini kamu tetap bisa mengganti konfigurasi protokol, akan tetapi kamu harus menghubungkan PLC dengan menggunakan parameter bawaan (default) terlebih dahulu. Informasi yang saya dapatkan dari para senior dan rekan-rekan sesama programmer PLC,  menganjurkan kepada saya agar tidak merubah port bawaan (default) yang mana konfigurasinya adalah DF1.
Jika kamu tidak yakin bahwa konfigurasi komunikasi yang kamu gunakan adalah DF1, kamu bica cek konfigurasinya sebelum menghubungkan komputer dengan PLC.


Oke sudah cukup basa basi dari saya, sekarang saatnya memulai ketahap berikutnya.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka (launching) software komunikasi RS Linx. Jika kamu sudah memiliki RS Logix, kamu pasti juga sudah memiliki RS Linx karena software tersebut sudah menjadi 1 (satu) paket instal-an. Tapi, jika kamu tetap tidak mempunyai atau tidak menemukan software tersebut di komputer milikmu, kamu bisa mengunduhnya atau mendapatkannya dimanapun (coba searching di google pasti ada) karena software tersebut tidak membutuhkan kode aktivasi layaknya software berbayar. Itu artinya software tersebut gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang punya komputer (wkwkwkwk).
  2. Setelah software tersebut terbuka, jangan coba-coba untuk klik simbol "+". Karena hal itu akan mengaktifkan driver komunikasi sebelumnya. Jika kamu sudah terlanjur klik simbol tersebut, kamu harus menutup software RS Linx dan memulainya kembali untuk menghapus driver yang sudah terlanjur aktif tersebut. 
    Jangan klik simbol + rs linx
    RS linx
  3. Oke, saya anggap kamu belum mempunyai konfigurasi driver-nya. Klik kiri pada Communcitions, kemudian akan muncul pop-up Configure Drivers
    Pop Up Configure Drivers Rs Linx
    Pop Up Configure Drivers
  4. Klik Add New... lalu cari dan pilih RS-232 DF1 devices. Masukkan nama driver bawaan dengan AB_DF1-1, Kemudian klik OK, lalu akan muncul layar konfigurasi yang baru seperti pada gambar dibawah ini. 
    Layar Konfigurasi Device Baru Rs Linx
    Layar Konfigurasi Device Baru
  5. Bersyukurlah kita karena kita tidak harus repot-repot mengatur konfigurasi komunikasi DF1 karena kamu cukup menghubungkan kabel komunikasi antara komputer dengan PLC. Cukup klik Auto Configure, kemudian semua kolom konfigurasi akan terisi dengan sendirinya.
  6. Jika kamu gagal (muncul pesan error komunikasi) dalam Auto Configure, restart program aplikasi Rs Linx kemudaian coba lagi langkah nomor 5.
  7. Jika langkah nomor 5 sudah selesai, klik OK.
  8. Setelah itu tampilan awal software Rs Linx akan muncul kembali dan lihatlah perbedaannya yang terlihat di sidebar menu. Yakni konfigurasi driver yang baru saja kamu buat. Klik simbol "+" dan konfigurasi driver terbaru akan berjalan. Lalu akan muncul submenu dibawahnya. Lihatlah gambar dibawah ini. 
    Rs Linx konfigurasi
    Rs Linx konfigurasi
  9. Jika konfigurasi komunikasi sudah berjalan, minimize aplikasi Rs Linx tersebut (Jangan ditutup!!!).
  10. Buka aplikasi Rs Logix 500.
  11. Saya sarankan untuk klik menu Comms - pilih System Comms sebelum memulai komunikasi. Untuk menghindari terjadinya kesalahan (error) komunikasi sebagai akibat dari tidak samanya konfigurasi yang kita buat dengan konfigurasi yang sekarang digunakan pada RS Logix 500. 
    Comms RS Logix 500
    Comms RS Logix 500
  12. Setelah itu akan muncul tampilan mini RS linx dan memberitahukan bahwa driver sedang berjalan.Jika program yang ada sekarang sama dengan program yang ada di dalam PLC, cobalah untuk klik Online. Lihatlah gambar dibawah ini! 
    Rs Logix 500
    Rs Logix 500
    Rs Logix 500
    Rs Logix 500
  13. jika program yang ada di aplikasi Rs Logic dengan program yang ada di PLC sama, tampilan pada sinyal ladder PLC yang ada di Rs Logic akan berwarna hijau terang. Tapi, jika tidak sama, maka kamu harus upload program terbarunya ke PLC agar sama. 
    Rs Logic 500
    Warna hijau pada garis sinyal
Cukup sekian penjelasan dari saya. Jika ada yang kurang dimengerti, mohon untuk memberitahukannya kepada saya melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!