Cara Menghubungkan PLC GE 90-30 Dengan VersaPro

Mei 27, 2017
Haloha sobat.

Sampai saat ini, sudah banyak rekan-rekan saya bertanya tentang bagaimana caranya belajar PLC GE? Bagaiama caranya menghubungkan PLC GE 90-30 ke VersaPro? Nah kali ini saya akan menjelaskannya secara gamblang kepada kalian untuk menambah ilmu para teman-teman yang sudah berkunjung ke blog kecil ini. Langung saja kita masuk pembahasannya.

Penjelasan yang saya buat ini mengarah kepada software PLC GE 90-30 dan VersaPro 2.0. Mungkin sebgaian besar programmer sudah tahu bahwa VersaPro bukanlah software GE yang paling baru yang ada di pasaran. Cimplicity Machine Edition adalah software terbaru yang sekarang digunakan oleh para programmer PLC GE. Akan tetapi, saya mendapatkan informasi dari para programmer GE di berbagai penjuru dunia bahwa VersaPro masih ada dan layak unuk digunakan sebagai software pemograman PLC GE.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur port COM yang akan digunakan untuk menghubungkan PLC 90-30 ke PC (Komputer). Standarnya, pengaturan bawaan untuk komunikasi serial PLC adalah :
  • Baud rate 19200.
  • ODD Parity.
  • 1 Stop bit.

Lihatlah gambar dibawah ini!
Pengaturan Komunikasi PLC GE VersaPro
Pengaturan Komunikasi PLC GE
Pengaturan Port Com VersaPro
Pengaturan Port Com VersaPro
Setalah itu, kita harus membuat perangkat baru (Add New Device). Masukkan Namanya terserah kamu. Pilihlah 90-30 pada device model. Pada bagian default port, diamkan saja. Lihatlah gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya!
VersaPro Setting Komunikasi
Add New Device
Setelah itu, bukalah folder kerja PLC kemudian pilih PLC dan klik Connect.

Device baru akan tampil pada kotak kolom yang tersedia.

Pilihlah device baru tersebut lalu klik Connect.

Pastikan bahwa kabel programming sudah terhubung antara port COM1 komputer milikmu (atau juga bisa milik teman, saudara atau orang yang tidak kamu kenal sekalipun :D) dengan PLC GE 90-30. Lihatlah gambar dibawah ini!
VersaPro komunikasi program
VersaPro, PLC Connect


Setelah komputer terhubung dengan PLC, lihatlah pojok kanan bawah pada lembar kerja pemograman PLC VersaPro. Apakah statusnya sudah connected atau belum? seperti pada gambar dibawah ini.
Vesapro PLC koneksi
VersaPro, status koneksi


Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!