Cara Mengukur Dioda Menggunakan Multimeter

Mei 11, 2017
Sebenarnya, terdapat banyak cara untuk mengukur dioda. Bisa dengan menggunakan alat ukur atau dengan menggunakan alat yang sederhana sekalipun. Akan tetapi cara untuk megukur dioda yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan multimeter. Baik itu multimeter analog dan juga multimeter digital.

Sebelum kita memasuki pembahasan tentang cara mengukur dioda, saya akan menjelaskan tentang dioda terlebih dahulu. Ada beberapa jenis dioda yang banyak digunakan pada rangkaian elektronika dan dioda tersebut dibedakan berdasarkan jenis bahan semi konduktornya yakni :

  1. Dioda Silikon. Memiliki tegangan jatuh sebesar 0,7 Volt.
  2. Dioda Germanium. Memiliki tegangan jatuh sebesar 0,3 Volt.
Secara kasar mata, kita tidak bisa mengetahui apakah dioda tersebut masih layak digunakan atau tidak (dalam hal ini gosong karena terbakar). Akan tetapi kita bisa mengetahuinya dengan mengukurnya menggunakan alat yang bernama multimeter. Cara ini sangat lah mudah seperti halnya kita mengukur resistor. Terlebih, dioda hanya mempunyai dua (2) kaki.



Cara Mengukur Dioda Dengan Menggunakan Multimeter Analog

Sebagian besar multimeter analog tidak memiliki selektor khusus untuk mengukur dioda, tetapi pengukuran dioda masih bisa dilakukan dengan menggunakan Ohm meter. Pada posisi ini, dioda diukur dengan mengecek apakah ada kebocoran atau tidak. Berikut ini adalaha cara mengukur dioda dengan menggunakan multimeter analog :
  1. Kalibrasi terelebih dahulu multimeter tersebut.
  2. Arahkan selektor multimeter tersebut kearah Ohm meter ( Ω ) X 1.
  3. Hubungkan probe warna merah (multimeter) pada kaki dioda yang dekat dengan gelang warna (katoda).
  4. Hubungkan probe warna hitam (multimeter) pada kaki dioda  yang lain (anoda). 
    Probe multimeter ke kaki dioda Probe multimeter ke kaki dioda
    Probe multimeter ke kaki dioda Probe multimeter ke kaki dioda
  5. Setelah kedua kaki dioda terhubung dengan probe multimeter, jarum multimeter akan bergerak kekanan dan menunjukkan sebuah nilai. Jika dioda dalam keadaan baik, jarum akan menunjuk nilai kurang lebih sebesar 100 Ohm. Akan tetapi, sebenarnya nilai resistansi dioda tidaklah perlu kita hiraukan karena kita tidak sedang mengukur nilai resistansi dioda. Tetapi mengecek kondisi dioda apakah masih dalam kondisi yang baik atau tidak.
  6. Kemudian, tukar posisi probe multimeter pada kaki dioda satu sama lain. Jika jarum tidak bergerak, maka bisa kita pastikan bahwa dioda tersebut dalam kondisi baik. Jika sebaliknya, yakni jarum bergerak kekanan atau menunjuk ke nilai, maka sudah bisa dipastikan bahwa dioda tersebut mengalami kebocoran alias tidak layak pakai.


Cara Mengukur Dioda Dengan Menggunakan Multimeter Digital

Berbeda dengan cara mengukur dioda menggunakan multimeter analog. Cara mengukur dioda menggunakan multimeter digital sangatlah mudah karena terdapat selektor pilihan untuk mengukur dioda. Biasanya nilai tegangan jatuh dioda dapat terlihat dan berkisaran antara 0,5 sampai 0,7 pada dioda silikon dan 0,3 pada dioda germanium. 

Berikut ini adalah cara mengukur dioda dengan menggunakan multimeter digital :

  1. Arahkan posisi selektor multimeter pada posisi dioda yang ditandai dengan simbol dioda.
  2. Hubungkan probe warna hitam multimeter pada kaki dioda yang dekat dengan gelang warna (katoda)
  3. Hubungkan probe warna merah multimeter pada kaki dioda yang lain.
  4. Perlu kita ketahui bahwa probe warna merah multimeter terhubung dengan positif baterai yang ada pada multimeter digital dan probe warna hitam multimeter terhubung dengan negatif baterai yang ada pada multimeter digital. Hal ini berkebalikan dengan multimeter analog. 
    Mengukur dioda menggunakan multimeter digital
    Mengukur dioda menggunakan multimeter digital
  5. Setelah kedua kaki dioda terhubung dengan kedua probe multimeter maka nilai tertentu akan tampil di display multimeter. Jika hal tersebut terjadi, maka dioda dalam kondisi yang baik dan layak digunakan.
  6. Kemudian tukar posisi probe multimeter.
  7. Jika multimeter tidak menunjukkan nilai tertentu, maka dioda dalam kondisi yang baik dan layak digunakan.


Cukup sekian penjelasan dari saya tentang cara mengukur dioda menggunakan multimeter analog dan multimeter digital. Dari penjelasan saya diatas, dapat kita simpulkan juga bahwa cara pengukuran dioda pada multimeter analog dan multimeter digitar adalah terbalik antara kaki-kaki dioda. Semoga, dengan kalian sering mengukur dioda menggunakan multimeter maka kalian akan semakin mahir dalam melakukan hal tersebut.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!