Cara Membalik Putaran Motor 1 Fasa (Motor Kapasitor)

Juni 23, 2017
Gagalenyilih - Sejenak saya berpikir bagaimana caranya membalik putaran motor 1 fasa? Ya, pertanyaan itu muncul saat saya sedang bekerja untuk memasang sebuah pompa air di Manado, Sulawesi Utara 4 tahun yang lalu. Jujur, walau saya sekarang adalah seoarang programmer PLC disebuah perusahaan kontraktor elektrikal, tapi saya tidak terlalu paham dengan dasar-dasar sistem kontrol listrik khususnya alat-alat listrik seperti halnya pompa air.

Terjadi keanehan setelah saya menyalakan pompa air yang saya pasang, yakni air tidak mengalir deras. Setelah itu saya coba cek, apakah sambungan yang saya rakit ke pompa air sudah benar atau belum.

"Ah, sambungannya sudah benar, tapi kok tidak keluar air ya? Padahal motor sudah berputar."

Tidak disangka-sangka ternyata putaran motornya terbalik. Lalu, pertanyaan yang lain muncul. "Bagaimana caranya membalik putaran motor listrik 1 phase?". Jika motor yang saya gunakan adalah motor pompa 3 fasa, sudah pasti sangat mudah untuk membalik putarannya. Saya cukup menukar salah satu fasa dengan fasa yang lain.

Tapi, bagaimana jika motor yang saya gunakan adalah motor 1 fasa yang tentu saja jika kita bolak balikkan fasanya tidak akan benar. Malahan, motor kapasitor akan meledak. Lalu saya coba untuk membaca gambar wiring yang terletak pada tutup motor pompa. Alhasil, saya menemukan cara untuk membalik putarannya.

Jika ada gambar pentunjuk di pompa air yang kamu gunakan, tentu akan mudah bagimu membalik putaran motor pompa karena sudah ada petunjuk yang benar. Lalu, bagaimana caranya jika tidak ada gambar petunjuk untuk membalik putaran motor listrik 1 fasa di tutup motor pompa?

Sudah tentu, langkah yang harus kamu ambil adalah dengan cara googling. Maka dari itu, disini saya akan menjelaskan kepada kalian bagaimana caranya membalik putaran motor 1 phase. Ini dia gambar wiring untuk membalik putaran motor 1 fasa.

Klik untuk memperbesar
Gambar nomor 1 adalaha gambar pada rangkaian motor 1 fasa untuk berputar searah jarum jam. Sedangkan pada gambar nomor 2 dan nomor 3 adalah gamabar pada rangkaian motor 1 fasa untuk membuat motor berputar berlawanan arah jarum jam (Balik putaran).

Oke cukup sampai disini dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!