Cara Mudah Membuat Charger Baterai Kering Dengan Charger Handphone

Juni 24, 2017
Gagalenyilih - Cara yang akan saya beritahukan kepada kalian ini sangatlah mudah. Cara membuat charger baterai kering ini saya memanfaatkan sebuah charger Hanpdhone bekas. Tentu saja, jika saya tidak memanfaatkan charger handphone, pastinya butuh komponen elektronika lain seperti trafo untuk mengubah arus AC ke DC, dioda, resistor dan bipolar yang tentunya harus saya beli. Alasan lainnya mengapa saja menggunakan charger Handphone bekas adalah barangnya mudah didapat dan lebih efisien dalam penggunaannya nanti. Juga, karena karakteristik dari charger handphone hampir sama dengan charger yang dibutuhkan untuk mengisi daya pada baterai kering AA atau AAA yang bertegangan antara 3-7 volt.
gagalenyilih
Baterai kering
Baterai kering


Saya yakin kalian pasti mempunyai charger handphone lebih dari satu. Salah satunya pasti ada yang rusak entah itu karena kabelnya, konektornya, atau karena adaptornya. Jika yang rusak adalah adaptornya, saya sarankan jangan gunakan charger tersebut untuk membuat charger baterai kering yang akan saya berikan tutorialnya di artikel ini.

"Lama amat gan, ngetik mulu dari tadi?"

Hhehehe, maaf ga. Oke langung saja ini dia cara mudah membuat Charger baterai kering.


Alat dan bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat charger baterai kering adalah :
  1. Charger Handphone bekas.
  2. Box tempat baterai. Untuk yang ini kalian harus membelinya. Cukup murah kok hanya kisaran 2.500 rupiah saja.
  3. Tang, Solder atau sejenisnya.

Cara membuat Charger baterai kering

Ikutilah langkah-langkah untuk membuat charger baterai kering dengan baik dan benar (jangan sambil ngelamun ya) :
  1. Potong lalu kupas kabel charger handphone. Kamu akan menemukan 2 buah kabel yang. Cek mana kabel positif dan mana kabel negatif. Untuk cara mengeceknya kalian bisa melihat artikel saya yang berjudul cara menentukan kabel plus dan minus.
  2. Sambungkan atau hubungkan kedua kabel seperti pada gambar dibawah ini. 
    Rangkaian charger baterai mudah
    Klik untuk memperbesar
Pasti setelah ini kalian akan bertanya, "Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk men-charging baterai tersebut sampai penuh jika menggunakan charger yang baru saja dibuat?"

Sebenarnya relatif. Karena lamanya pengisian daya tergantung dari besarnya kapasitas baterai kering dan besarnya arus yang mengalir dari charger. Misalnya saja kapasitas baterai adalah 600 mA. Lalu arus yang mengalir dari charger sebesar 300mA, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai sampai penuh adalah selama 2 jam. Waktu tersebut berlaku kelipatan jika kalian mengisi 2 atau lebih baterai.

Note :
Perlu diingat bahwa cara ini hanya untuk kalian yang suka berkreasi, mau repot dan tidak memiliki biaya untuk membeli charger baterai kering yang sekarang sudah banyak yang jual.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

Wah keren kreatif dan nambah ilmu...

Balas

Terima kasih sudah berkunjung :)

Balas

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!