Definisi Sistem Kontrol Open Loop dan Close Loop

Juni 24, 2017
Gagalenyilih - Dalam sistem kontrol, Open loop dan Close loop selalu ada. Entah itu pada komponen disekitar kita atau komponen yang bagi kita tidak terlalu familiar. Maka dari itu, disini saya akan menjelaskan pengertian dari Open lop dan close loop beserta contoh pengaplikasiannya di lingkungan sekitar kita.

Pengertian Open Loop

Open loop control atau dalam bahasa indonesianya berarti kontrol lup terbuka adalah sebuah sistem yang output nya tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku pengontrolan. Atau lebih tepatnya, output dari Open loop control tidak bisa digunakan untuk umpan balik dalam input (masukan).

Diagram Open Loop
Diagram Open Loop

Didalam Open loop control, output tidak bisa dibandingkan dengan input yang menjadi acuan. Jadi bisa disimpulkan bahwa input acuan berhubungan dengan operasi tertentu karena konstanta sistem tergantung kalibrasi. Sistem Open loop control tidak akan bisa bekerja sesuai harapan jika ada gangguan. Sistem Open loop control hanya bisa digunakan saat hubungan antaran input dan output tidak ada gangguan dari internal (dalam) maupun eksternal (luar).


Contoh pengaplikasiannya :

Sebenarnya ini adalah perandaiannya agar kalian bisa lebih mengerti tentang apa yang dinamakan Open Loop Control. Ada sebuah pemanggang roti yang terdapat timer untuk membatasi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memanggang. Jika kamu menggunakan pemanggang untuk memanggang roti, kamu tidak akan tahu apakah roti tersebut sudah matang atau belum saat timer (waktu) sudah habis. Kesimpulannya, input loop yakni timer itu sendiri tidak tidak berpengaruh terhadap kematangan roti, apakah jika timer tersebut sudah habis lalu roti akan matang? Ini tergantung kepada pengaturan yang kita buat sebelum memanggang roti. Akan tetapi, walaupun roti tersebut matang atau tidak saat timer habis, Pemanggang tetap akan menghasilkan roti panggang (walaupun tidak matang).


Pengertian Close Loop

Close loop control atau dalam bahasa indonesianya berarti kontrol lup tertutup adalah sebuah sistem kontrol yang signal output nya memiliki pengaruh terhadaop perilaku pengontrolan. Itu berarti, output dari Close loop control bisa digunakan sebagai umpan balik input. 
Lebih jelasnya, kesalahan dalam sistem kontrol dapat di daur ulang lagi dengan mengumpan balikkan ke controller untuk memperkecil lagi kesalahan .
Diagram Close Loop


Contoh pengaplikasiannya :

Dari gambar diatas dapat kita simpulkan bahwa ada pengulangan sistem loop. Saat lampu bekerja dengan bika, maka lampu akan menyala terang (output). Kemudian, jika lampu tidak bekerja dengan baik, lampu tetap akan menyala terang (output) karena adanya sensor yang mendeteksi jika lampu menyalar redup. Disini dapat kita simpulkan bahwa output dari lampu akan tetap (terang).

Akhir paragraf, saya mohon maaf jika bahasa penyampaian yang kurang dimengerti oleh kalian. Dan, semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!