Pengertian Dan Prinsip Kerja Motor Servo

Juni 23, 2017
Gagalenyilih - Pengertian dari motor servo adalah suatu perangkat putar (actuator) yang dirangkai dengan kontrol umpan balik atau loop tertutup sehingga perangkat tersebtu dapat disetting (atur) untuk memastikan dan menentukan posisi dari sudar poros output motor.
bagian motor servo
Klik untuk memperbesar

Bagian-bagian motor servo

  1. Motor DC.
  2. Gear.
  3. Potensiometer dan,
  4. Rangkaian sistem kontrol.
Fungsi dari beberapa Gear yang dirangkai dalam poros Motor servo adalah untuk memperlambat putaran utama lalu meningkatkan torsi putaran motor servo. Kemudian, fungsi dari potensiometer adalah untuk merubah hambatan (resistansi) pada motor dan sebagai penentu batas putaran utama pada Motor servo.

Sistem kontrol umpan palik (loop) di motor servo memiliki kegunaan yakni untuk mengontrol pergerakan dan posisi akhir poros. Lebih tepatnya, posisi poros keluaran (output) akan di deteksi dengan tujuan untuk mengetahui apakah posisi poros sudah sesuai yang kita inginkan atau malah belum. Jika posisi poros belum sesuai, maka sistem kontrol akan memberikan sinyal agar posisi poros sesuai dengan apa yang diinginkan. Contoh penggunaan dari sistem kontrol umpan balik atau Loop tidak hanya bisa kita temukan pada Motor servo saja tetapi bisa kita temukan juga pada perangkat rumah tangga misalnya saja Setrika, AC, Kulkas dan masih banyak lagi.

Jenis Motor Servo

Jika menurut jenis Tegangannya, Motor servo dibedakan menjadi 2 yakni :
  1. Motor Servo AC, banyak digunakan di Industri sehingga diaplikasikan pada arus tinggi dan beban daya yang berat.
  2. Motor Servo DC, banyak digunakan pada skala yang lebih kecil.
Jika dibedakan menurut skala rotasi, Motor servo dibedakan menjadi 2 yakni :
  1. Motor Servo rotation 180⁰ (standar), putaran pada poros keluaran servo ini terbatas yakni hanya 180⁰ saja yang berarti 90⁰ kearah kiri, dan 90⁰ kearah kanan.
  2. Motor Servo rotation Continuous, putaran pada poros keluarannya tidak ada batasan dan bisa berputar dari kiri ataupun dari kanan.


Prinsip kerja Motor Servo

prinsip kerja motor servo
Klik untuk memperbesar

Lihat dan amatilah gambar diatas!
Cara pegendalian Motor servo adalah dengan memberikan Pulse Wide Modulation (PWM) atau bahasa indonesianya adalah sinyal modulasi lebar pulsa. Jadi, besar kecilnya pulse yang diberikan akan berpengaruh pada besar jarak putaran pada motor servo. Pada gambar sebelumnya kita dapat menyimpulkan bawha bila kita memberikan pulse selama 1,5ms maka motor akan berputar sebesar 90⁰. Begitu pula jika kita memberikan pulse selama 2 ms, maka motor akan berputar sebesar 180⁰.

Demikian penjelasan dari saya tentang pengertian dan prinsip kerja dari motor servo. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!