Pentingnya Bit Interlock Di Ladder Program PLC

Juni 07, 2017
Halo sobat.

Suatu saat kamu ditugaskan untuk membuat program PLC untuk rangkaian motor penggerak Forward dan Reverse, apakah kamu sudah memberikan interlock untuk masing-masing Bit? Jika tidak kamu lakukan, saya sarankan untuk segera dibiasakan untuk memberikan bit interlock.

Lalu, apa fungsi dari Bit interlock sendiri? Bit ini berfungsi untuk mencegah berjalannya dua atau lebih Output memory dalam waktu yang bersamaan. Padahal, Bit tersebut tidak boleh berjalan bersamaan. Contohnya adalah program PLC untuk Motor Forward dan Reverse.

Motor tidak boleh menerima sinyal Forward dan Reverse secara bersamaan karena akan menimbulkan error rangkaian sistem kontrol. Akibat terburuk yang mungkin terjadi adalah Motor akan terbakar atau MCB akan Trip.

Lalu, seperti apa ladder program yang ada bit interlocknya? Untuk lebih dipahami, lihatlah gambar dibawah ini.
Bit Interlock program plc
Bit Interlock

Keterangan :
  1. PB FWD adalah Tombol Forward.
  2. PB REV adalah Tombol Reverse.
  3. Motor Forward adalah Out untuk menghidupkan Motor kearah Forward.
  4. Motor Reverse adalah Out untuk menghidupkan Motor kearah Reverse.

Bit yang saya lingkari merah adalah Bit interlock dari masing-masing ladder. Ladder di Rung 1 menggunakan Out 100.00 untuk menghidupkan motor secara Forward, maka agar Motor Reverse tidak berjalan, saya tambahkan kontak NC dari 100.00 sebagai interlock di Rung 2 agar Out 100.1 tidak menyala. Begitupun sebaliknya.

Sangat sederhana tapi sangatlah penting. Mungkin kalian bisa juga membuat interlock lewat desain rangkaiannya, tapi alangkah baiknya untuk berjaga-jaga siapa tahu nanti rangkaian yang kalian buat ada error, Bit interlock di program akan terlihat manfaatnya bagi kalian.

Cukup sekian penjelasan dari saya tentang Pentingnya bit interlock di ladder program PLC. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!