Perbedaan Sensor NPN dan PNP

Juni 24, 2017
Gagalenyilih - Ada banyak jenis sensor yang digunakan di dunia industri. Jenis-jenis sensor tersebut terbagi dalam berapa kategori menurut bentuk, fungsi dan cara kerjanya. Nah, yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini adalah jenis sensor yang dibedakan menurut rangkaian dalamnya. Lebih tepatnya, saya akan menjelaskan kepada kalian tentang perbedaan sensor npn dan pnp.
1


NPN Sensor

Sensor NPN atau bisa disebut juga sinking sensor adalah sensor yang rangkaian dalamnya menggunakan detector dan transistor NPN. Cobalah lihat gambar rangkaian dalam sensor NPN dibawah ini.
Klik untuk memperbesar

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa detector mendapatkan input sumber tegangan. Saat detector belum bekerja atau lebih tepatnya belum mendeteksi sesuatu (tergantung jenis sensor baca), transistor NPN belum bekerja. Kemudian, jika detector sudah bekerja, maka tegangan akan mengalir ke transistor NPN dan hasil akhir tegangan output nya menjadi Negatif (V-). Dibawah ini adalah contoh wiring diagram dari penggunaan sensor NPN.
Klik untuk memperbesar


PNP Sensor

Kebalikan dari NPN, sensor PNP atau bisa disebut juga sourcing sensor adalah sensor yang rangkaian dalamnya menggunakan detector dan transistor PNP. Cobalah lihat gambar rangkaian dalam sensor PNP dibawah ini.
Klik untuk memperbesar


Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa detector mendapatkan input sumber tegangan. Saat detector belum bekerja atau lebih tepatnya belum mendeteksi sesuatu (tergantung jenis sensor baca), transistor PNP belum bekerja. Kemudian, jika detector sudah bekerja, maka tegangan akan mengalir ke transistor PNP dan hasil akhir tegangan output nya menjadi Positif (V+). Dibawah ini adalah contoh wiring diagram dari penggunaan sensor PNP.
Klik untuk memperbesar

Dulu, pada saat saya baru pertama kali menggunakan sensor, saya kebingungan bagaimana cara wiring sensor yang benar, apa perbedaannya, meledak tidak ya? Banyak pertanyaan yang timbul dalam benak saya. Lalu saya coba baca buku lagi untuk mengetahui caranya (maklum, dulu saya adalah siswa teladan yang sering bolos sekolah). Sampai akhirnya saya bisa menggunakannya dengan benar.

Oke mungkin sampai disini saja penjelasan dari saya tentang perbedaan sensor NPN dan PNP beserta contoh penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!