Cara Membaca Namplate Motor Listrik

Juli 24, 2017

Gagalenyilih - Ada banyak macam dan jenis motor listrik.  Setiap motor listrik entah itu motor pompa, 1 phase, 3 phase dan masih banyak lagi pasti mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Untuk memudahkan kita daam penggunaannya, dipasanglah Nameplate yang berisikan tentang spesifikasi motor listrik agar kita bisa mengetahui cara kerja motor tersebut. Juga, agar kita tidak salah dalam pemasangannya.

Mungkin diantara kalian masih ada yang belum mengerti bagaimana caranya membaca Namplate spesifikasi motor listrik.




1) Di bagian yang saya tandai merah adalah spesifikasi motor yang menandakan bahwa motor tersebut membutuhkan input 3 phase. Jadi, jangan coba-coba memberikan input 1 phase pada motor tersebut karena motor tersebut tidak akan bekerja dan lebih parahnya lagi akan menjadi rusak.

2) Di bagian yang saya tandai kuning adalah spesifikasi motor yang menandakan bahwa motor tersebut menggunakan tegangan sebesar 690 V untuk sambungan Bintang (Star), 400 V dan 415 V untuk sambungan Segitiga (Delta).

3) Di bagian yang saya tandai Biru adalah spseifikasi motor yang menandakan bahwa motor tersebut menggunakan frekuensi (Hz) sebesar 50 Hz unutk bisa bekerja. Hal ini menjadi standar karena input teganan PLN adalah 50 Hz. Jadi, kita tidak usah menghiraukan keterangan tersebut.

4) Di bagian yang saya tandai Pink adalah spesifikasi motor yang menandakan besarnya putaran maksimal (rotary) motor saat bekerja setiap menitnya atau Rotaty Per Minutes (Rpm).

5) Di bagian yang saya tandai Orange adalah spesifikasi motor yang menandakan bahwa besarnya Daya yang dibutuhkan agar motor bisa bekerja.

6) Di bagian yang saya tandai Ungu adalah spesifikasi motor yang menandakan besarnya arus yang dibutuhkan agar motor bisa bekerja.

7) Cos Q adalah nilai toleransi saat motor bekerja.


Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Membaca Namplate Motor Listrik. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!