Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Juli 31, 2017
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Gagalenyilih.com - Ini adalah tutorial cara membuat desain PCB yang saya rancang untuk kamu yang ingin belajar membuat layout PCB sederhana menggunakan software Eagle Cad.

Desain PCB sangatlah berguna untuk kamu ketahui. Itulah yang akan membuat kamu mengetahui bagaimana caranya membuat circuit sederhana dan suatu saat bisa membuat alat-alat canggih msalnya saja layar LCD, Quadcopters dan masih banyak lagi.

Hal yang kamu butuhkan :

Membuat Board menggunakan Schematic

Langkah pertama adalah membuka file Schematic diagram yang sebelumnya kamu buat. Lalu klik tombol Board (atau pilih File > Switch to board) untuk membuat board dari Schematic tersebut. Juga bisa denganc ara mengetikkan Command line tertentu pada kotak perintah.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Jika tidak ada Board, akan tampil peringatan yang meminta kita untuk membuat New Board (Board baru). Pilihlah "Yes". Lalu sebuah Board baru akan dibuat dengan semua komponen dari Schematic.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Meletakkan Komponen

Pilihlah "Move" yang ada pada menu Toolbar (atau di menu "Edit") untuk meletakkan komponen pada Board. Cara terbaik untuk mengatur tata letak komponen adalah dengan menempatkannya sama persis dengan Schematic. Langkah tersebut akan membuat kamu lebih mudah untuk memecahkan  masalah yang mungkin muncul pada desain yang kamu buat.

Klik "Rastnest" pada menu "Tools" untuk memperbaharui Wire yang berwarna kuning.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Memulai Routing

Baiklah, sekarang saatnya Routing.
Routing bisa kamu lakukan secara manual ataupun otomatis. Disini saya akan menjelaskan cara melakukannya secara manual. Kamu juga bisa membaca artikel saya yang lain yang berjudul "Cara menggunakan fungsi Autoroute pada Eagle CAD".

Pilihlah "Rute" pada Toolbar atau pada menu "Edit". Lalu pilih 12 mil trace width dan 24 mil drill size.

Aturan sederhananya adalah menggunakan Wide trace untuk Wire yang menarik banyak arus. Pada contoh ini tidak ada banyak arus yang digunakan pada rangkaian, jadi kamu hanya perlu memilih beberapa default Value saja.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD
Mulailah Routing dengan cara meng-klik salah satu Airwires kuning. Trace akan muncul dengan warna yang sesuai dengan Routing layer saat ini. Seakarang kamu gunakan tombol Klik kiri pada mouse untuk mengarahkan Wire ke Airwires kamu.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Jika kamu ingin mengganti Routing layer, cukup dengan klik tombol tengah mouse atau gunakan Layer selector pada Tollbar. Aturan sederhananya untuk 2 layar adalah mengarahkannya hanya secara horizontal pada suatu layer lain dan hanya secara Vertical pada sisi lainnya. Tapi ini tidak perlu kamu lakukan.
Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD

Run ERC and DRC untuk Cek Error

Setelah kamu selesai men-routing PCB, kamu harus menjalankan ERC dan DRC dari menu "Tools" untuk mencari apakah ada kesalahan pada desain yang kamu buat. Jika ada, segeralah perbaiki.

Jika tidak ada lagi kesalahan, itu artinya kamu sudah selesai membuat desain PCB.

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat file Gerbernya jika kamu ingin membuat cetakannya.

Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Membuat Desain PCB Menggunakan Eagle CAD. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!