Cara Membuat Universal Multi PIC Programmer Sendiri

Juli 30, 2017
Cara Membuat Universal Multi PIC Programmer Sendiri

Gagalenyilih.com - Ini adalah tutorial microcontroller pertama yang saya buat. Jadi, saya akan menjelaskannya dengan baik agar kamu mudah mengerti. Multi PIC Programmer ini adalah alat pemograman PIC yang bisa memprogram perangkat yang menggunakan 8-pin ke perangkat yang menggunakan 40-pin dengan menggunakan single ZIF socket.

Ini adalah PIC programmer pertama yang saya buat saat dulu sewaktu jaman sekolah. Sebenarnya ada banyak jenis PIC programmer. Tapi yang saya buat ini tidak membutuhkan catu daya eksternal. Juga harga komponennya sangat murah dan juga mudah dibuat untuk pemula sekalipun. PIC programmer ini disebut "JDM programmer". Yakni singkatan dari nama orang yang pertama kali membuatnya. Dia adalah Jens Dyekjer Madsen (susah juga nih lidah).

Saya membuat "Multi PIC Programmer" untuk mengaktifkan perangkat program 40-pin seperti PIC16F877 soket ZIF. Ada sedikit perbaikan yang saya lakukan yakni membuat Multi PIC Porgrammer sesuai dengan "VPP sebelum VDD" dengan mengganti kabel soket ZIF untuk perangkat receiver dengan mode LVP (Low Voltage Programming).

Sebelum membuatnya saya sarankan kamu untuk memeriksa apakah ada cukup tegangan Output pada port serial PC kamu. Jika TxD, DTR dan RTS tidak memiliki lebih dari +7,5V atau -7,5V, alat ini tidak akan bekerja dengan baik terutama untuk PC terbaru yang menggunakan interface RS232 berdaya rendah.

Hal penting lainnya :

  • Semua simbol GND yang tergambar di diagram rangkaian adalah PIC Programmer GND. Jadi, jangan menghubungkannya dengan GND line dari serial port.
  • PIC Programmer ini mengubah Vpp sesuai dengan device yang dipilih (8-8pin) atau (28-40pin) dengan satu Sliding Switch. Jadi, jika posisi peletakan device dan Sliding Switch tidak diatur dengan benar, maka PIC akan rusak karena tegangan lebih.
  • PIC Programmer ini tidak mendukung semua PIC MCU. Karena PIC16C5X tidak diprogram dengan Programmer ini. Tapi dengan menggunakan adaptor, 20 pin PIC 16C770/771 bisa.
  • Saya tidak mencoba semua PIC yang ada karena saya tidak mempunyai semua PIC. PIC yang sukses saya program dan telah saya cek adalah PIC12F629, PIC12F675, PIC16F627, PIC16F628, PIC16F630, PIC16F676, PIC16F818, PIC16F819, PIC16F84A, PIC16F873, PIC16F877A, PIC18F2320, PIC18F452.
  • Software programming yang saya gunakan adalah IC-Prog. Kamu bisa mengunduhnya melalui LINK yang nanti saya berikan di artikel ini.
  • Pengaturan Hardware IC-prog sama dengan JDM.





Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Membuat Universal Multi PIC Programmer Sendiri Modif. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!