Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD

Juli 31, 2017
Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD

Gagalenyilih.com - Di tutorial yang singkat dan sederhana ini saya akan memandu kamu untuk bisa menggunakan Autoroute pada Eagle CAD dengan Net Classes.

Net Classes memungkinkan kamu untuk memilih lebar yang berbeda-beda pada setiap Net. Cara ini sangat berguna jika kamu menginginkan Route menjadi lebih tebal daripada Signal traces. Dalam kasus ini, kamu akan membuat sebuah Net Classes naru untuk Ground Net. Dan kamu akan mengatur lebar default untuk semua Net.

Mengatur Net Classes

Kita akan memulainya dengan mengatur Net Class untuk Ground Net. Untuk mengatur Net class, pergilah ke tampilan Schematic dengan cara klik Edit > Net Classes.
Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD

Disini kamu bisa mengatur lebar, ukuran Drill dan Clearence. Net default adalah Net classes standar yang digunakan untuk para pemula yang tidak mengerti pengaturan Net Classes. Untuk itu, mulailah kamu mengatur lebar (width) menjadi 16 mil.

Tambahkan Classes baru dengan cara meng-klik baris berikutnya yang tidak terpakai. Lalu isilah Nama Classes misalnya saja "Ground" seperti yang kamu lihat pada gambar diatas. Atur clearence menjadi 24 mil.

Menentukan Net Classes untuk setiap Net

Seperti yang tadi sudah saya jelaskan, semua Net akan memiliki Class default. Jika kamu ingin merubahnya ke Classes lainnya, pilihlah "Info" pada menu "View".
Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD

Pilih Net yang ingin kamu ganti dan pada bagian Net Classes pilih Class yang kamu inginkan untuk Net tersebut. Kemudian kilik "OK".

Net Classes harus selalu diatur sebelum kamu men-route Board. Mengganti pengaturan setelah kamu men-route tidak akan merubah apapun.

Jalankan Eagle Autorouter

Sekarang saatnya untuk menggunakan Autoroute. Beralihlah ke Board view dan letakkan komponen-komponen pada Board.

Kemudian pilih "Auto" di menu "Tools". Lalu akan muncul Pop up pengaturan Autoroute.
Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD

Pada jendela pengaturan ini kamu bisa mengatur banyak ketentuan Autoroute untuk mengoptimalkan kebutuhan yang kamu inginkan. Jika kamu tidak tahu bagaimana menggunakannya, abaikan saja dan gunakan pengaturan Default saja.

Kemudian, klik "OK"
Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD


SELAMAT!! Board sudah Autorouted dengan sukses.

NOTE :
Autoroute tidak terlalu bagus. Dengan board yang rumit kamu tidak akan bisa hanya bergantung dengan Autoroute untuk membuat route yang sempurna. Jadi saran saya, kombinasikanlah Autoroute dengan Route manual untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi jika Board yang kamu miliki sangat rumit.


Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Menggunakan Autoroute di Eagle CAD. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!