Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51

Juli 24, 2017

Gagalenyilih - Dimasa sekarang, orang-orang lebih memilih untuk menggunakan Inverter sebagai alat kontrol motor daripada menggunakan kontaktor. Pemakaiannya pun sudah meluas di berbagai tempat industri khususnya Pabrik. Seperti saat saya berkunjung ke salah satu pabrik sepeda motor di daerah Karawang tidak lama ini. Hampir disetiap mesin produksi disana menggunakan Inverter untuk kontrol motornya.

Saya sebagai orang yang bekerja di bidang listrik tentunya wajib mengetahui cara kerja Inverter.  Awalnya saya bingung dalam pembelajaran cara setting Inverter walaupun sudah ada buku manual yang sudah ada satu paket jika kita membeli Inverter. Tapi, karena ketekunan dan rasa ingin tahu, sambil praktek dan belajar sendiri akhirnya saya ,mengetahui dasar-dasar setting Inverter yang notabene tidaklah berbeda dengan kebanyakan Inverter lainnya walaupun berbeda tiap merk. Tapi perbedaannya hanyalah dicara penggunaan dan penomoran parameternya saja. Selebihnya sama.

Jika kalian belum mempunyai buku manual Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51, kalian bisa menggunduhnya lewat link dibawah  ini.


Setting Sesuai Spesifikasi Motor

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum setting Inverter Danfoss adalah mengetahui spesifikasi motor yang digunakan. Biasanya dtiap motor listrik, di bagian body terdapat nameplate yang menunjukkan spesifikasi motor. Jika kamu belum tahu bagaimana caranye membaca nameplate motor lsitrik, bisa lihat artikel saya yang berjudul "Cara Membaca Nameplate Motor Listrik".


Navigasi Tombol Inverter

Yang kedua, kamu harus paham bagaimana cara navigasi menu-menu yang ada di Inverter dengan mengggunakan tombol-tombol yang ada pada Inverter. Untuk Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51, kamu bisa melihat gambar dibawah ini.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesar
Dari gambar diatas kita bisa memahami letak dan fungsi tombol-tombol yang ada dengan membaca keterangan yang saya buat berikut ini.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesr
Setup 1 adalah pengaturan yang kita pakai, ada Setup 1 sampai dengan Setup 2,3,4 dan seterusnya tergantung mana yang kamu pakai. Agar kamu tidak bingung dan saya memilih cara simpel untuk menjelaskannya, Abaikan saja langkah ini.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesar
Angka yang saya tandai panah adalah nomor Parameter. Nomor ini akan muncul saat nanti kita mengatur (setting) Parameter Inverter.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesar
Angka yang saya tandai adalah besarnya Frekuensi, Tegangan dan Arus yang terpakai. Kamu bisa mengganti tampilannya dengan menekan tombol UP dan DOWN.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesar


Untuk lebih lengkap kamu bisa membaca buku manual yang tadi sudah kamu DOWNLOAD.


Koneksi Kabel Kontrol (Wiring)

Sebelum kamu bisa menggunakan Inverter sebagai alat kontrol listrik, Buatlah koneksi kabel rangkaian kotnrolnya seperti pada gambar dibawah ini. Khusus untuk terminal nomor 50,53 dan 55 fungsinya adalah untuk kontrol speed eksternal (potensiometer). Kamu bisa tidak usah menggunakannya jika langsung menggunakan frekuensi yang sudah di atur di Parameter Inverter. Dan ingat, jangan sampai salah koneksi kabelnya karena Inverter tidak akan bisa bekerja dan lebih parahnya lagi Inverter akan rusak.
Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51
Klik untuk memperbesar


Setting Parameter

Setting Parameter yang akan saya jelaskan kali ini adalah setting yang paling wajib dan utama. Dengan kamu hanya mengatur Parameter yang akan saya jelaskan ini, motor listrik sudah bisa bekerja dengan baik.

Setelah kamu mencatat spesifikasi motor lewat Nameplate nya, sekarang saatnya kita memasukkannya ke Parameter di Inverter.

1) Daya : Masuk ke Parameter 1-20 untuk mengatur besarnya daya motor (KW)

2) Tegangan : Masuk ke Parameter 1-22 untuk mengatur besarnya input tegangan yang dibutuhkan motor (V).

3) Frekuensi : Masuk ke Parameter 1-23  untuk mengatur besarnya frekuensi maksimal motor (50 Hz).

4) Arus : Masuk ke Parameter  1-24 untuk mengatur besarnya arus input yang dibutuhkan motor (A).

5) Acceleration : Masuk ke Parameter 3- 41 untuk mengatur lamanya waktu Acceleration Frekuensi dari 0 sampai mencapai Frekuensi yang sudah diatur melalui Potensiometer atau Frekuensi tetap yang sudah diatur di Inverter.

6) Deceleration : Masuk ke Parameter 3-42 untuk mengatur lamanya waktu Decelation Frekuensi dari Frekuensi yang sudah diatur melalui Potensiometer atau Frekuensi tetap yang sudah diatur di Inverter sampai Frekuensinya menjadi nol (berhenti).


Jika semua setting-an dan koneksi sudah benar, maka saya jamin Inverter dan motor listrik akan bekerja.

Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Setting Inverter Danfoss VLT Micro Driver FC 51. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!