Cara Transfer Program PLC Omron CX Programmer

Juli 21, 2017
Cara Transfer Program PLC Omron CX Programmer

Gagalenyilih - Halo sobat. Kali ini saya akan memberikan tutorial kepada kalian semua yang sudah mau berkunjung ke blog ini tentang cara transfer program PLC Omron menggunakan CX Programmer. Transfer program di PLC Omron sama halnya jika kita menggunakan PLC merk lain. Bedanya hanya pada istilah di tiap-tiap software-nya saja.

Misalnya saja, jika di PLC Mitsubishi yang menggunakan GX Developers atau GX Works untuk software programnya, menggunakan istilah  READ untuk mengambil program dari PLC ke komputer. Sedangkan WRITE untuk memasukkan program dari Komputer ke PLC.

Nah, jika di PLC Omron. Kita harus menggunakan CX Programmer sebagai software program PLC nya. Istila untuk mengambil program dari PLC ke komputer pun sangat mudah di ingat. Yakni "Transfer from PLC" yang artinya transfer dari PLC. Sedangkan untuk memasukkan program dari komputer ke PLC menggunakan istilah "Transfer to PLC"  yang artinya transfer ke PLC.

Mungkin diantar sobat semua masih ada yang belum tahu cara transfer program PLC Omron di CX Programmer. Ikutilah langkah-langkah berikut.


Transfer to PLC

Disini saya anggap kalian sudah membuat sebuah program PLC Omron. Jika belum, kalian bisa melihat artikel saya yang berjudul "Cara Membuat Program PLC untuk Motor Forward Reverse".

1) Setelah kita siapkan sebuah program PLC. Ikutilah petunjuk berikut ini.
Tekan CTRL + W untuk masuk ke Mode Online. Atau bisa juga melalui menu bar yakni, Klik PLC, lalu pilih Work Online. 

Cara Transfer Program PLC Omron CX Programmer

2 ) Pilih menu Program, pilih Tranfer, lalu pilih Transfer to PLC.
Cara Transfer Program PLC Omron CX Programmer



3) Setelah itu akan muncul kotak Popup untuk pengaturan program yang akan ditransfer. Klik saja OK.

4) Proses sending akan memakan sedikit waktu. Tunggu sampai selesai.


Transfer from PLC

Cara untuk Transfer program dari PLC ke komputer hampir sama dengan cara Transfer to PLC. Bedanya hanya pada langkah nomor 2 saja. Tapi. Jika kalian sama sekali belum mempunyai program dan ingin langsung membaca program yang ada di PLC, kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

1) Buka CX Programmer.

2) Pilih menu PLC > Auto Online > Direct Online.

3) Pilih cara komunikasi kabel yang kamu gunakan. Menggunakan USB atau menggunakan Serial.

4) Klik OK.

5) Auto Searching akan otomatis membuat konfigurasi komunikasi yang sedang kamu pakai dan tidak lama kemudian program PLC sudah ada di komputer. 

6) Jangan lupa SAVE.


Itu dia tadi artikel saya berjudul Cara Transfer Program PLC Omron CX Programmer. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

Apakah jika kita upload program dalam kondisi online, PLC akan tereset ke kondisi awal pak?

Balas

Untuk upload program (transfer program dari PLC ke Komputer), Program yang sudah ada di PLC tidak akan berubah kondisinya (tetap Run) termasuk juga bit-bit yang sudah ON.

Sedangkan untuk Download program (transfer program dari Komputer ke PLC), Program PLC tidak akan hilan, tapi semua bit akan ter-reset ke awal. Kecuali jika dilakukan pengeditan program secara Online.

Balas

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!