Pengertian Konduktor Semikonduktor dan Isolator

Juli 01, 2017
Pengertian Konduktor Semikonduktor dan Isolator

Gagalenyilih - Ada banyak sekali bahan dasar yang digunakan pada alat-alat listrik didunia ini. Mereka semua digolongkan kedalam 3 jenis bahan yakni konduktor, semi konduktor dan isolator. Beberapa orang yang masih awam di di dunia kelistrikan pasti akan bingung untuk membedakan jenis-jenis bahan tersebut. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan kepada kalian perbedaan antara konduktor, semi konduktor dan isolator beserta contohnya di artikel ini dengan lengkap dan sejelas-jelasnya. Mari kita simak bersama.

1. Konduktor

Pengertian Konduktor Semikonduktor dan Isolator

Konduktor atau bahan konduktif adalah bahan yang bisa digunakan untuk konduksi energi dengan sangat mudah melalui sebauh perantara (materi). Biasanya digunakan untuk menghantarkan panas dan arus listrik. Yang pasti bahannya berupa logam contohnya tembaga, besi, dan lain sebagainya. Bisanya digunakan untuk membuat kabel listrik.



2. Isolator

Pengertian Konduktor Semikonduktor dan Isolator

Isolator adalah bahan yang tidak bisa menghantarkan panas dan juga arus listrik. Cara kerja bahan tersebut adalah dengan menghambat atau mencegah proses konduksi. Contoh isolator sangat mudah kita temukan di sekitar kita. Misalnya saja gagang panci, Gagang solder, kulit kabel listrik dan masih banyak lagi.



3. Semi Konduktor

Pengertian Konduktor Semikonduktor dan Isolator

Yang terakhir adalah Semi Konduktor. Bahan ini bisa dibilang ada diantara konduktor dan isolator. Alasannya adalah karena bahan ini memiliki konduktifitas menengah diantara konduktor dan isolator. Semi konduktor memiliki sifat konduktif yang berubah-ubah sesuai dengan kondisinya yang berbeda-beda misalnya saja saat terkena medan listrik atau perubahan suhu. Bahan ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat sebuah komponen mikro misalnya saja transistor, dioda, resistor dan lain sebagainya


Itu dia tadi Pengertian dan perbedaan Konduktor Semikonduktor dan Isolator. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke sosial media dengan cara menekan tombol share dibawah ini. Dan jika kamu ingin mengetahui artikel terbaru dari Gagalenyilih, silahkan Subscribe.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!