Cara Menghitung Ampere Motor 3 Phase

Agustus 24, 2017
Cara menghitung ampere motor 3 phase

Gagalenyilih - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada sobat tentang Cara menghitung Ampere motor 3 phase. Mungkin diantar sobat masih ada yang belum paham. Khususnya untuk adik-adik semuanya yang masih duduk di bangku sekolah.

Diantara sobat disini pasti pernah berkunjung ke Pabrik dan menjumpai banyak sekali motor listrik yang digunakan untuk mengoperasikan mesin produksi.Menurut jumlah phase, motor listrik dibedakan menjadi 2 :
  1. Motor listrik 3 Phase, yakni motor listrik yang membutuhkan phase sebanyak 3 buah (R,S dan T). Contohnya motor Induksi.
  2. Motor listrik 1 Phase, yakni motor listrik yanag membutuhkan 1 phase saja (Phase dan Netral). Contohnya pompa Air dirumah sobat.

Mungkin suatu saat kita harus mengetahui besarnya ampere pada suatu motor. Misalnya saja saat kita akan memasang sebuah motor listrik untuk keperluan di rumah atau saat anda bekerja di dunia Industri. Tapi, sebelum sobat bisa mengetahui besarnya ampere sebuah motor, sobat harus mengetahui spesifikasi motor tersebut dengan membaca Nameplate yang biasanya ada pada body motor.

Cara Menghitung Ampere Motor 3 Phase

Setelah sobat mengetahui spesifikasi motor tersebut dari Namplate motor, sobat sudah bisa mengetahui besarnya Daya, Tegangan dan Arus motor tersebut.

Tapi, seandainya kurang yakin, sobat bisa mengeceknya dengan menggunakan rumus dibawah ini :
P = √3 . V . I . Cos φ
Keterangan :
  • P = Daya (Watt)
  • V = Tegangan (Volt)
  • I = Arus (Ampere)
  • √3 = Nilai konstanta. Jika didesimalkan menjadi 1,73.
  • Cos φ = Toleransi dari motor, yakni 85%. Jika didesimalkan menjadi 0,85.

Nah setelah kita mengetahui rumus menghitung Daya motor diatas, kita bisa menemukan besarnya Ampere dengan menggunakan rumus berikut ini.
I = P / (V . √3 . Cos φ)

Contoh Soal :

Diketahui sebuah motor 3 Phase memiliki :
  • P = 30 KW
  • V = 380 V
Berapakah besarnya ampere motor tersebut?

Jawab :
  • P = 30 KW = 30000 Watt
I = P / (V . √3 . Cos φ)
I = 30000 / (380 . 1,73 . 0,85) 
I = 53,68 Ampere

Nah, sudah ketemu besarnya amper motor 3 Phase yakni 53,68 A.
Kenapa saya lebih memlih menggunakan simbol . daripada menggunakan simbol x untuk menyatakan perkalian? Alasannya adalah karena jika saya menggunakan x sebagai simbol perkalian, maka kalian akan bingung seperti saya,,, wwwkkwkwk.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke Sosial media agar semua orang tahu dan SDM Indonesia akan menjadi lebih baik. Juga, Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada artikel terbaru dari Gagalenyilih. Terima kasih. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!