Contoh Program PLC Mitsubishi Satu Tombol Dua Fungsi

Agustus 18, 2017
Contoh Program PLC Mitsubishi Satu Tombol Dua Fungsi

Gagalenyilih - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah contoh program PLC mitsubishi satu tombol dua fungsi. Karena sebelumnya saya sudah terlebih dahulu memberikan tutorial sejenis untuk PLC Omron.

Tidak jauh berbeda dengan program PLC yang sebelumnya saya buat di PLC omron. Yang membedakannya hanyalah penamaan dan bentuk instruksinya saja karena tiap-tiap PLC memiliki software programming yang berbeda juga.

Banyaks sekali fungsi dari contoh program ini karena program tersebut sering saya gunakan. Contoh fungsinya adalah untuk menghemat IO PLC.

Contoh program PLC Mitsubishi satu tombol dua fungsi

Hal pertama yang harus kamu pahami sebelum membuat program ini adalah instruksi pemograman. Berikut ini adalah daftar instruksi beserta keterangannya.

Alamat Keterangan
X0 Tombol ON-OFF
M0 Bit Trigger
M1 Bit Lampu
Y0 Lampu Pijar


Instruksi utama dari Ladder program plc ini adalah Instruksi "Falling Pulse" yang saya gunakan. Pada dasarnya instruksi ini sama saja dengan instruksi NO (AND). Yang membedakannya adalah instruksi tersebut hanya memberikan signal di akhir.

Jadi, saat X0 menyala, X0 tidak akan memberikan sinyal terusan. Akan tetapi X0 akan memberikan sinyal terusan ke instruksi berikutnya sesaat sebelum instruksi X0 akan mati.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh program PLC Mitsubihsi satu tombol dua fungsi menggunakan GX Works 2 dibawah ini.
Contoh Program PLC Mitsubishi Satu Tombol Dua Fungsi
Program PLC

Cara kerja :

1. Kondisi 1 (Lampu sedang padam) : Tombol ON-OFF ditekan, lampu belum menyala. Lalu, sesaat sebelum Tombol ON-OFF dilepas, sinyal akan mengalir dan menyalakan M0,M1 dan begitu pula Y0 yakni Lampu.

2. Kondisi 2 (Lampu sedang menyala) : Tombol ON-OFF ditekan, lampu masih menyala. Lalu sesaaat sebelum tombol ON-OFF dilepas. sinyal M0 akan memutus pengunci M1. Otomatis, M1 dan juga Y0 akan padam.

Sekali lagi, perlu diketahui, penggunaan program ini tidak hanya untuk menyalakan dan mematikan suatu Komponen output seperti Lampu, tapi juga komponen output yang lain.

Semoga bermanfaaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar

PLC mitsubishi kok pakai cx programmer emang nyambung???

Balas

Salah ketik gan hehehe terima kasih koreksinya

Balas

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!