Bagaimana Cara Kerja Sel Surya

September 02, 2017
Bagaimana Cara Kerja Panel Surya

Gagalenyilih - Bagaimana cara kerja panel surya - Mengapa selama ini kita semua membuang banyak waktu untuk mendapatkan sumber energi listrik menggunakan minyak dan batubara yang sudah jelas memakan banyak waktu dan biaya. Padahal, kita cukup mendongakkan kepala kita keatas pada waktu siang hari. Mata kita akan melihat adanya sumber energi listrik raksasa dan tanpa polusi yang selama ini kita hiraukan. Ya, sumber energi tak terbatas tersebut adalah Matahari.

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya

Matahari ibarat sebuah bola nuklir yang sangat besar, ia mampu menggerakkan Tata surya selama miliaran tahun. Dengan matahari, kita semua bisa membuat panel surya untuk membuat energi listrik yang besar dan tanpa batas.

Tenaga matahari atau biasa disebut tenaga surya mungkin terlihat aneh dan futuristik, tapi hal tersebu kini sudah terbilang umum tapi masih sedikit pemanfaatannya. Diantara sobat semuanya mungkin ada yang sudah mempunyai jam tangan atau kalkulator yang memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber energinya. Lihatlah juga bahwa satelit di luar angkasa kini juga sudah menggunakan tenaga surya.

Dengan gencarnya pemerintah mengajak kita untuk menghemat energi sebagai akibat pemanasan global, mungkin tidak akan lama lagi tenaga surya akan menjadi sumber energi tak terbatas yang akan dimanfaatkan di setiap sektor.

Berapa banyak energi yang bisa didapat dari Matahari

Tenaga surya bisa dibilang sangatlah menakjuban. Menurut riset, rata-rat permeter persegi permukaan bumi mendapatkan energi matahari sebesar 164 Watt. Dengan kata lain, kamu bisa memasang lampu meja belajar yang sangat terang (150 Watt) disetiap perseginya. Dan hal itu bisa saja menerangi setiap permukaan bumi.
Bagaimana Cara Kerja Sel Surya
Matahari

Dari penjelasan diatas, dengan memanfaatkan sinar matahari yang memenuhi seluruh gurun sahara, kita sudah bisa mencukupi kebutuhan listrik di seluruh dunia. Tidak hanya itu, kita bisa mendapatkan yang lebih fantastis lagi dari penggunaan energi matahari.

Energi dari matahari tidak bisa digunakan langsung karena harus melalui beberapa proses sampai akhrinya bisa digunakan. Perlu kalian ketahui bahwa energi matahari yang diterima oleh bumi adalah campuran antara cahaya dan panas. Kedua hal tersebut sangatlah penting. Yakni, cahaya matahari membuat tanaman bisa tumbuh, lalu memberikan energi kehidupan untuk kita. Dan yang kedua adalah panas yang bisa membuat badan kita hangat dan bisa membuat kita bertahan untuk hidup. Nah, beberapa proses yang dilakukan untuk memanfaatkan energi matahari agar bisa digunakan sebagai sumber tenaga adalah dengan membuat sel surya.

Apa itu sel surya

Sel surya adalah perangkat elektronik yang bisa menangkap sinar matahari dan mengubahnya secara langung menjadi energi listrik. Benda tersebut berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa, berbetuk segi delapan dan berwarna hitam kebiruan.
Bagaimana Cara Kerja Sel Surya
Panel surya di atap rumah

Sel surya sering digabungkan bersama untuk membuat unit yang lebih besar dan sekumpulan sel surya tersebut dinamakan Modul surya. Jika sekumpulan modul surya digabungkan menjadi lebih banyak maka akan menjadi sebuah Panel surya (sebuah lembaran berwarna hitam atau biru yang bisa kamu lihat di atap rumah). Atau bisa juga kamu temukan pada benda elektronik lainnya semisal jam tangan atau kalkulator.

Sama halnya dengan sel yang ada didalam baterai, sel yang ada di panel surya dirancang untuk menghasilkan listrik. Bedanya, jika sel di baterai menghasilkan listrik dari bahan kima, nah sel di panel surya menghasilkan listrik dengan menangkap sinar matahari. Sel tersebut terkadang disebut dengan istilah sel Photovoltaic (PV) karena sel tersebut menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan listrik. Photo  berasal dari bahas yunani yang artinya cahaya, dan kata Voltaic berasal dari sumber reverensi pelopor listrik asal Italia yakni Alessandro Volta, 1745-1827

Bagaimana cara membuat sel surya

Silicon adalah sebuah komponenn yang terbuat dari transistor dan microchip, begitu pun dengan sel surya. Silicon sendiri termasuk dalam kategori bahan semikonduktor, jadi komponen tersebut bukanlah termasuk dalam jenis konduktor maupun isolator. Namun, dalam keadaan tertentu kita bisa membuat komponen tersebut berfungsi sebagai konduktor dan isolator dalam waktu yang berbeda sesuai keinginan kita.

Jadi, sel surya bisa kita ibaratkan adalah sebuah Sandwich yang terdiri dari 2 buah lapisan yang berbeda dan telah dioalh secara khusus sehingga kedua lapisan tersebut mengalirkan listrik dengan cara tertentu. Lapisan bawah diolah sehingga memiliki sedikit elektron (tipe-p atau silicon positif). Lalu lapisan atas diolah dengan cara yang berlawanan sehingga memiliki banyak elektron (tipe-n atau silicon negatif)

Nah, ketika kita menempatkan kedua lapisan silicon tersebut secara bersamaan dengan ditambah sebuah penghalang diantara keduanya, maka tidak akan ada elektron yang akan berpindah dari lapisan 1 ke lapisan 2, begitu juga sebaliknya.

Tapi, jika kita memberikan cahaya (photons), maka sesuatu yang luar biasa akan terjadi. cahaya tersebut akan memberikan energi atom ke silicon tersebut. Lalu, elektron dari lapisan bawah akan berpindah ke lapisan atas, melawati penghalang. Semakin banyak elektron yang pindah, semakin banyak pula energi listrik yang dihasilkan dari peristiwa tersebut.
Bagaimana Cara Kerja Sel Surya
Ilustrasi

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!