Cara Membuat Portable USB Charger

September 08, 2017
Cara Membuat Universal USB Portable Charger Baterai
Gagalenyilih - Cara Membuat USB Portable Charger Baterai - 7 tahun yang lalu saya saya naik Kereta Api dari Bandung ke kampung halaman, Kutoarjo,  setelah menyelesaikan PKL. Sial buat saya, saat di perjalanan ternyata handphone saya ngedrop. Mau ngecas tapi tidak ada Stop kontak. Padahal saya sedang semangat-semangatnya ber-smsan ria dengan Pacar kesayangan (Red - Istri saya)

Perlu kamu ketahui,7 tahun yang lalu Kereta Api belum ada Stop kontak di setiap baris kursinya. Alhasil, saya kebingungan.

Tak berapa lama ada pedangan asongan yang menawarkan sebuah alat yang menurut saya sangat fantastis. Saat ini alat tersebut dinamakan Power Bank.

Si Pedagang bilang bahwa alat tersebut bisa mengisi daya baterai dengan memanfaatkan baterai AA. Saya sungguh terkagum-kagum dengan alat tersebut. Akhirnya saya membeli alat tersebut. Saya lupa berapa harganya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membuat sebuah tutorial tentang cara membuat Power Bank jadul tersebut. Yah, walaupun menurut saya kurang banyak para peminatnya kerena sumber listrik yang terbatas dari baterai AA, juga karena Smartphone saat ini membutuhkan banyak sekali daya listrik.

Tapi, tidak ada salahnya jika kamu bisa mengolahnya dan mengembangkan desain yang saya buat ini. Desain yang akan saya jelaskan berikut ini ada sedikit modifikasi pada bagian Output. Ya, saya menggunakan USB Port.

Portable USB Charger Circuit Diagram

Berikut ini adalah gambar diagram rangkaian untuk membuat Portable USB Charger :
Cara Membuat Portable USB Charger

Part List :

Part Value Description
U1 7805 Voltage Regulator
LED Standard Output Light-Emitting Diode
R1 330 Ω Resistor
R2 75 kΩ Resistor
R3 75 kΩ Resistor
R4 51 kΩ Resistor
R5 51 kΩ Resistor
D1 1N4001-4007 Rectifier Diode
USB Type A Socket Solderable
6xAA, 6xAAA or 9V Battery Connector


Bagaimana cara kerjanya?

Rangkaian sirkuit ini menggunakan sebuah chip LM7805 sebagai komponen utamanya. Dengan menggunakan input tegangan antara 7V sampai 30V, sirkuit ini akan menghasilkan Output 5V dengan arus sebesar 1A.
Cara Membuat Portable USB Charger

Untuk mengetahui apakah Charger ini bekerja atau tidak, saya menambahkan sebuah LED sebagai indikatornya. Dengan penambahan komponen tersebut, akan ada tanda saat Charger tersebut bekerja. Yakni LED yang menyala.
Cara Membuat Portable USB Charger


Resistor R2 ke R5 mengatur besar kecilnya tegangan yang mengalir secara spesifik. Jadi Charger ini akan tahu berapa besar arus input yang masuk.
Cara Membuat Portable USB Charger

Kemudian ada Dioda (D1) sebagai penyearah untuk mencegah kerusakan jika terjadi konsleting antara sambungan plus dengan sambungan minus saat kamu merakit Charger. Dengan adanya Dioda (D1), rangkaian charger setidaknya membutuhkan teganngan sebesar 8V keatas karena Dioda mengurangi tegangan sebesar 1V.

Sebenarnya dengan tidak adanya Dioda akan tetap bisa bekerja. Tapi kamu perlu ekstar teliti dan hati-hati saat pembuatan rangkaian Charger.
Cara Membuat Portable USB Charger


Masih ada kemungkinan bahwa Regulator tegangan akan menjadi panas lalu rusak atau mati. Untuk itu, kamu bisa menambahkan heatsink untuk TO-220.



Nah, sudah paham dengan cara kerja dan rangkaiannya? Charger ini bisa bekerja dengan menggunakan 6 buah baterai AA, 6 buah baterai AAA atau juga bisa baterai yang memiliki tegangan 9V. Saya yakin kamu tidak akan kesulitan untuk mencari jenis baterai tersebut.

Hasil Akhir :

Cara Membuat Portable USB Charger


Selamat mencoba dirumah ya teman-teman??





Source : https://www.build-electronic-circuits.com/portable-usb-charger-circuit/ 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!