Pengertian Rangkaian Elektronik dan Komponennya

November 28, 2017
Gagalenyilih Pengertian Rangkaian Elektronik dan Komponennya -  Rangkaian elektronik adalah rangkaian listrik yang mengandung komponen elektronik. Contohnya adalah perangkat pengeras suara (Speaker), sistem pendeteksi orang yang melewati pintu dan atau bisa juga sistem penyiraman tanaman otomatis yang bekerja berdasarkan tingkat kekeringan media tanam yang mengandung rangkaian elektronik.

Namun, tentu saja rangkaian elektronik bisa sangat sederhana seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Rangkaian tersebut mengandung komponen bernama Lampu, sebuah saklar, dan sumber tegangan berupa baterai.

Pengertian Rangkaian Elektronik dan Komponennya

Komponen Elektronik

Semua komponen yang terletak pada suatu rangkaian elektronik sangatlah bervariasi tergantung kebutuhan. Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa komponen elektronik yang sering kita jumpai .

1. Resistor

Resistor berfungsi untuk menghambat arus listrik yang mengalir ke rangkaian. Satuan terendah yang digunakan untuk menyatakan hambatan (Resistansi) adalah Ohm. Satuan yang lebih besar adalah Kilo Ohm atau biasa disingkat dengan huruf K saja disetiap belakang angka.
resistor

2. Potensiometer

Potensiometer adalah resistor yang nilai resistansinya bisa diatur melalui tombol pemutar.
potentiometer

3. Dioda

Komponen Dioda biasanya digunakan sebagai penyearah arus karena sifatnya yang hanya melewatkan arus secara searah dan menahan arus dari arah sebaliknya.
Dioda

4. LED

LED adalah jenis dioda yang memancarkan cahaya. Oleh karena itu komponen ini sering digunakan sebagai lampu mini untuk memberikan indikasi tertentu.
LED

5. Kapasitor

Kapasitor adalah komponen yang berguna untuk menyimpan muatan listrik. Ukuran muatan listrik yang bisa ditampung  sering dinamakan kapasistansi dan satuan yang digunakan adalah Farad. Satuan yang kecil adalah 
Kapasitor



Sekian.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!