Belajar Arduino - Memahami Fungsi Matematika

Desember 22, 2017
Gagalenyilih - Untuk belajar pemograman Arduino, dengan menggunakan Software Arduino IDE, kamu juga harus memahami fungsi-fungsi matematika.

Untuk keperluan perhitungan matematika didalam pemograman Arduino, tersedia sejumlah fungsi seperti berikut ini.

Belajar Arduino - Memahami Fungsi Matematika


Baca juga : Belajar Arduino dari Awal untuk Pemula

Memahami Fungsi Matematika


1. abs (x)

Fungsi abs() memberikan nilai absolut x atau |x|.
Misalnya abs(-50 = 5.
Hasil bertipe sesuai dengan tipe argumen.

2. acos (x)

Fungsi acos() memberikan nilai balik berupa arc cosine x, yang dinyatakan dalam radian. Argumen x bernilai antara -1 dan 1.
Hasil bertipe float.

3. asin (x)

Fungsi asin() memberikan nilai balik berupa arc sine x, yang dinyatakan dalam radian. Argumen x bernilai antara -1 dan 1.
Hasil berrtipe float.

4. atan (x)

Fungsi atan() meberikan nilai balik berupa arc tangent x, yang dinyatakan dalam radian. Nilai balik berada antara -π/2 dan π/2.
Hasil bertipe float.

5. atan2 (y, x)

Memberikan nilai balik berupa arc tangent y/x. yyang dinyatakan dalam radian. Nilai balik berada antara  dan π.
Hasil bertipe float.

6. ceil (x)

Memberikan nilai balik berupa bilangan bulat terkecil yang tidak kurang dari x.
Hasil bertipe float.

7. cos (x)

Memberikan nilai balik berupa cosinei x. Argumen x dinyatakan dalam radian.
Hasil bertipe float.

8. cosh (x)

Memberikan nilai balik cosinus hiperbolik x.
Hasil bertipe float.

9. exp (x)

Memberikan nilai balik berupa ex. Hasil bertipe float.

10. floor (x)

Memberikan nilai balik berupa bilangan bulat terbesar yang tidak lebih besar dari x.
Hasilnya bertipe float.

11. fmod (x,y)

Memberikan nilai balik berupa sisa pembagian antara pembilang x dan penyebut y.
Hasil bertipe float.

12. log (x)

Memberikan nilai balik berupa loge x. Hasil bertipe float.

13. log10 (x)

Memberikan nilai balik berupa log10 x. Hasil bertipe float.

14. pow (x, y)

Memberikan nilai balik berupa xy. Hasil bertipe float.

15. sin (x)

Memberikan nilai balik berupa sinus x. Argumen x dinyatakan dalam radian.
Hasil bertipe float.

16. sinh (x)

Memberikan nilai balik sinus hiperbolik x. Hasil bertipe float.

17. sqrt (x)

Memberikan nilai balik berupa akar kuadrat x. Hasil bertipe float.

18. tan (x)

Memberikan nilai balik berupa tangent x. Argumen x dinyatakan dalam radian.
Hasil bertipe float.

19. tanh(x)

Memberikan nilai balik tangent hiperbolik x. Hasil bertipe float.


Terima kasih sudah berkunjung untuk mempelajari fungsi-fungsi matematika yang digunakan dalam pemgoraman Arduino. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!