Cara Menghemat Listrik di Rumah

Desember 18, 2017
Gagalenyilih - Kebutuhan listrik semakin hari memang semakin bertambah. Bayangkan saja di tiap rumah saat ini rata-rata memiliki lebih dari 10 barang elektronik, khususnya Handphone. Pasti saat ini kamu sedang kebingungan mencari solusi untuk menghemat biaya pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan listrik. Kebetulan sekali saya sedang ingin membahas masalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tindakan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dengan sebuah alat penghemat listrik.

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik menghemat listrik.

Penerangan Rumah


Yang pertama dan paling sering digunakan oleh orang-orang, Lampu. Lampu berfungsi untuk penerangan didalam rumah. Penggunaan penerangan yang mubazir bisa mengakibatkan borosnya listrik dan membengkaknya tagihan listrik kamu. Sebaiknya, nyalakan lampu saat dibutuhkan saja semisal saat malam hari. Jangan kamu nyalakan saat siang atau saat cahaya lumayan terang. Sebaiknya, matikan juga lampu saat kamu hendak tidur, atau saat kamar sedang tidak digunakan.

Kamu juga bisa menghemat lebih banyak listrik dengan menggunakan lampu yang membutuhkan Watt yang lebih rendah sesuai kebutuhan saja.

Barang Elektronik

barang elektronik
Image source : Komunita.id
Apakah dirumahmu banyak barang-barang elektronik? Seperti TV, Kulkas, Mesin cuci, AC dan masih banyak lagi. Jika iya, itulah penyebab mengapa rumahmu membutuhkan lebih banyak pasokan daya listrik. Sebenarny, ada 1 cara sederhana yang hampir mirip dengan tips pertama, yakni matikan (Off) barang elektronik tersebut jika tidak digunakan. Kamu bisa mencabut Steker atau orang biasa sebut Colokan listrik dari Stop kontak. Hal ini bisa membuat daya terputus dan listrik tidak akan mengalir ke barang elektronik. Atau lebih mudahnya, gunakanlah stop kontak yang memiliki tombol On Off supaya kamu tidak perlu berkali-kali mencopot dan memasang Steker.
Stop kontak
Image source : Uticon.net

Misalnya saja AC, matikan saat tidak ada orang diruangan ber-AC. Daripada menggunakan AC, lebih baik menggunakan kipas angin. Atau kamu bisa memodifikasi ventilasi udara dirumahmu agar terasa lebih sejuk karena udara bisa keluar masuk dengan mudah.

Menggunakan Alat Pengahasil Listrik sendiri

Nah, ini yang baru-baru ini saya lakukan. Ya, saya memasang Panel Surya dirumah untuk lebih banyak menghemat listrik. Sekedar informasi, Panel surya berguna untuk menghasilkan listrik dengan memanfaatkan energi Matahari, lalu di ubah menjadi listrik. Jadi, kamu bisa menghasilkan listrik sendiri tanpa harus membayar biaya bulanan.


solar cell
Image soure : Naturalnews. com
Memang harganya lumayan, tapi manfaatnya begitu besar dan jangka panjang. Mau mencoba panel surya?

KWH Meter

Jika sekiranya kamu hanya membutuhkan listrik yang tidak besar, sebaiknya jangan gunakan KWH Meter dengan batas daya yang besar. Biasanya memakai yang 900 VA saja sudah cukup. Tapi, jika rumahmu memiliki AC atau Kulkas, mungkin kamu membutuhkan yang 1300.

KWH meter
Image source : warungbiker. com
Jika memang kamu membutuhkan daya yang besar, alangkah baiknya kamu melakukan tips pertama dan kedua.


Mungkin itu saja tips menghemat listrik dirumah dari saya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!