Pentingnya Fungsi Emergency Stop Dalam Sistem Kontrol

Februari 15, 2018
Gagalenyilih - Emergency Stop sudah tidak asing lagi di dalam sistem kontrol. Bisa kamu lihat di banyak panel kontrol yang ada di pabrik-pabrik misalnya, pasti selalu ada (push button) tombol Emergency Stop.

Emergency stop, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Berhenti Darurat. Seperti artinya, fungsinya untuk menghentikan sistem secara cepat saat keadaan darurat.

Keadaan darurat misalnya saja mesin berjalan (conveyor atau Hanger), akan menabrak mesin lain karena ada sensor yang rusak, Operator yang melihat hal tersebut bisa langsung menekan tombol Emergency Stop. Maka mesin akan otomatis berhenti.

Pentingnya Fungsi Emergency Stop Dalam Sistem Kontrol

Biasanya Emergency stop dipasang secara seri untuk memutus arus kontrol utama. Sehingga jika tombol tersebut ditekan, maka otomatis akan menghentikan sistem.

Saya pribadi biasanya menggunakan tombol Emergency stop untuk menghentikan arus dan juga untuk memutus bit yang ada di dalam program PLC (jika mesin yang digunakan ada PLC-nya). Hal ini akan memberikan pengamanan Ganda juga akan me-reset program ke kondisi awal.

Pentingnya Fungsi Emergency Stop Dalam Sistem Kontrol
Program PLC Mitsubishi

Jika kamu lihat pada gambar diatas, letak input Emergency Stop berada di samping PB Stop. Jadi, fungsinya sama antara keduanya. Beda lagi jika kamu ingin menambahkan lampu indikator jika tombol Emergency stop ditekan, kamu harus menambahkan ladder baru. Contohnya seperti berikut ini.

Pentingnya Fungsi Emergency Stop Dalam Sistem Kontrol
Program PLC Mitsubishi

Kesimpulannya, dalam sistem kontrol wajib mengunakan tombol Emergency Stop.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Dilarang keras membuat link aktif!